Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • UMMI Komitmen Berikan Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mendukung Pembangunan Karakter Mahasiswa

UMMI Komitmen Berikan Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mendukung Pembangunan Karakter Mahasiswa

  • Administrator
  • 11 May 2018
  • Berita Terbaru

Gedung A, ummi.ac.id –Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) berkomitmen berikan Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai mata kuliah untuk mendukung pembangunan karakter mahasiswa

Komitmen ini terlihat dari dengan UMMI menggelar workshop penyususnan CP (Capaian Pembelajaran) dan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) untuk Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dan Mata Kuliah Kewarganegaraan, Rabu (9/5/18).

Workshop ini diikuti oleh dosen-dosen yang mengampu kedua Mata Kuliah tersebut baik pada program Sarjana maupun Diploma 3 di UMMI dengan narasumber Wakil Rektor 1 UMMI, Dr.Reny Sukmawani, S.P., M.P.

Kegiatan ini penting dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji keterkaitan kedua Mata Kuliah tersebut dengan butir-butir Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), sehingga apakah kecukupan materi, tingkat kedalaman, keluasan. Bahkan penilaian-penilaian metode pembelajarannya sudah sesuai untuk memenuhi unsur CPL yang dibebankan pada Mata Kuliah tersebut . Setelah mengidentifikasi CPL yang dibebankan pada kedua Mata Kuliah tersebut kemudian secara bersama-sama  merumuskan CP Mata Kuliah dan Sub CP Mata Kuliah baik jenjang Sarjana maupun Diploma 3.

Kegiatan yang berlangsung hingga sore hari ini dilanjutkan dengan penyusunan RPS, yaitu dokumen pembelajaran yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan sesuai CPL yang ditetapkan.

Dr. Reni Sukmawani berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini semua dosen pengampu  matakuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan dengan Matakuliah Dasar Umum memiliki persepsi yang sama sehingga mampu mendidik mahasiswa belajar agar memiliki kemampuan sesuai CP.