Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • 50 Dosen Ikuti Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI)

50 Dosen Ikuti Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI)

  • Administrator
  • 12 Feb 2018
  • Berita Terbaru

Sukabumi, ummi.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sukabumi dalam lima hari ini dari tanggal 12-16 Februari 2018 adakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) yang diikuti oleh 50 Dosen yang terdiri dari 40 Dosen UMMI dan 10 Dosen dari kampus STIKES, STIE PGRI, dan STIP PGRI.

Pelatihan yang bertempat di Hotel Taman Sari Sukabumi ini dibuka pukul 08.00 oleh Kepala Seksi Kelembagaan dan Kerja Sama Kopertis IV, Aminatun, S.Sos., M.Si., yang turut dihadiri oleh Wakil Rektor I UMMI, Dr. Reni Sukmawani, S.P., M.P.

Program PEKERTI ini merupakan pelatihan pengembangan profesionalisme dosen yang diselenggarakan DIKTI sejak tahun 1987. Program pelatihan ini dalam rangka peningkatan kompetensi professional dosen dalam memangku jabatan fungsional,  terutama dalam peningkatan ketrampilan pedagogis.

Ada 11 materi utama yang akan disampaikan dalam pelatihan ini yaitu, (1) Konsep Pengembangan Kurikulum di Perguruan Tinggi  KKNI dan Analisis Kompetensi (Taksonomi Blom), (2) Kompetensi (Taksonomi Bloom), (3) Teaching Skills, (4) Pengambangan Media Pembelajaran, (5) Komunikasi Pembelajaran, (6) Konsep Desain Pembelajaran & Penyusunan RPS, (7) Teori Belajar dan Motivasi Dalam Pembelajaran, (8) Etika, Moral  dan Profesi Dosen, (9) Strategi Pembelajaran (Student Center Learning), (10) Konsep dan prosedur Penilaian Hasil Belajar, Perencanaan & Konstruksi Soal,  dan (11) Peer Teaching

Diharapkan melalui  pelatihan ini dapat meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan wawasan tentang prinsip-prinsip pedagogik dan metodologi dan ketrampilan mengajar dosen dalam rangka meningkatkan  kualitas proses belajar dan hasil belajar mahasiswa.

 

LIHAT FOTO-FOTO