Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Pendidikan Biologi FKIP UMMI Mengeksplorasi Alga Dan Hewan Laut Di Pulau Terpencil Sangiang Nan Eksotik

Pendidikan Biologi FKIP UMMI Mengeksplorasi Alga Dan Hewan Laut Di Pulau Terpencil Sangiang Nan Eksotik

  • Administrator
  • 10 Jan 2018
  • Berita Terbaru

Sukabumi, ummi.ac.id - Di penghujung akhir Semester, tanggal 8-10 Januari 2018, program studi Pendidikan Biologi FKIP UMMI kembali melaksanakan kuliah lapangan  untuk dua Mata Kuliah, yaitu Botani Kriptogami dan Zoology Invertebrata. Kuliah lapangan dilaksanakan di Pulau Sangiang yang terletak di Selat Sunda.

Kuliah lapangan ini diikuti oleh 28 mahasiswa Pendidikan Biologi semester 3 yang di dampingi oleh 2 orang asisten praktikum, dan 3 orang dosen. Kuliah lapangan mata kuliah ini rutin dilaksanakan setiap akhir semester 3, dengan tempat yang berbeda-beda.

Salah satu mahasiswa Pendidikan Biologi, Sri Wahyuni mengatakan, “Selama dilaut/teluk tersebuat ada spesies Zoologi Invertebrata dan botoni kriptogami dan kebetulan tahun sekarang kami memilih pulau sangiang yang terletak di kabupaten Serang, Banten. Kuliah lapangan ini sangat bermanfaat karena ini merupakan slah satu metode pembelajaran yaitu inquiri, yaitu mahasiswa tidak hanya belajar teori dikelas tetapi belajar untuk menemukan dan membuktikan sendri teori-teori yang telah di pelajari.”

“Keadaan di pulau Sangiang sendri bagus meski sedikit tercemar oleh sampah dari pulau di sebrangnya, masih banyak spesies-spesies langka disana masih terdpat spesies-spesies dari filum echinodermata, coelenterata, mollusca, arthropoda, porifera juga terdapat beberapa dari jenis phaeophyta, rhodophyta dan clorophyta,” lanjut mahasiswa yang aktif di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ini.

Sementara itu ketua program studi Pendidikan Biologi FKIP UMMI, Billyardi Ramdhan, S.Pd., M.Si menuturkan, “Fieldtrip Botani kriptogami dan zoologi invertebrata ini merupakan bagian dari perkuliahan 2 matakuliah tersebut. Pulau sangiang ini baru kita kunjungi, dan masih sangat bagus dari aspek objek risetnya, dan aspek wisatanya. Jadi mahasiswa kita belajar dan wisata dalam satu kegiatan. Luaran kegiatan ini jurnal ilmiah dan laporan perjalanan yabg yang sama akan dipublikasikan. Kegiatan ini cukup sukses, saya ucapkan selamat dan terimakasih buat kepanitian yang semua dari mahasiswa angkatan 2016 semester 3 dan arahan tempat dari alumni kita Siti Dinar alumni 2010.”