UMMI Buka Jalur Non Tes Dan Sediakan Beasiswa Akademik Dan Non Akademik
UMMI Buka Jalur Non Tes Dan Sediakan Beasiswa Akademik Dan Non Akademik

UMMI Buka Jalur Non Tes Dan Sediakan Beasiswa Akademik Dan Non Akademik

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Minggu, 15 Januari 2017

Sukabumi, ummi.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sukabumi membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) khusus jalur non tes. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 2 Januari – 8 September 2017. Kepala UPT. Humas, Promosi dan PMB UMMI, Yanti Lestari, S.Sos., M.I.Kom mengatakan, jalur non tes ini terbuka untuk semua Program Studi (Prodi) kecuali prodi administrasi bisnis dan keperawatan karena kedua program studi ini menetapkan kuota jumlah mahasiswa yang akan diterima, masing-masing 120 (adbis) dan 80 (keperawatan), dan khusus untuk calon mahasiswa yang akan mengambil  Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) dan Prodi Keperawatan ada tes tambahan yakni tes kebugaran (PJKR) dan tes kesehatan (Keperawatan).

Untuk mendaftar melalui jalur non tes ini dapat ditempuh melalui dua pilihan, yakni jalur prestasi akademik dan minat bakat atau non-akademik. Untuk yang jalur prestasi akademik dapat menggunakan nilai rata-rata raport semester 5 atau 6 dengan nilai rata-rata harus 8, atau dapat menggunakan nilai rata-rata hasil Ujian Nasional (UN) dengan nilai rata-rata 7,5. Sedangkan untuk jalur minat bakat atau non akademik adalah siswa yang berprestasi dibidang olahraga,seni, karya ilmiah, atau keagamaan minimal di tingkat kota atau kabupaten dan dibuktikan dengan piagam penghargaan.

Selain dari itu, kuliah di UMMI banyak sekali beasiswa yang dapat diraih. Salah satunya beasiswa Akademik Dan Non Akademik yang bisa didapatkan oleh mahasiswa baru. Beasiswa akademik diberikan untuk siswa yang mendapatkan peringkat 1-3 peraih UN terbaik tingkat jurusan, sekolah dan Kota atau Kabupaten. Untuk tingkat jurusan akan mendapat potongan dari pembayaran Dana Pembangunan dan Pengembangan (DPP) sebesar Rp. 750.000, untuk tingkat sekolah akan mendapat potongan sebesar Rp. 1.000.000, untuk tingkat Kota atau Kabupaten akan mendapat potongan sebesar Rp. 1.500.000.

Kemudian beasiswa non akademik diberikan untuk siswa yang berprestasi dibidang olahraga,seni, karya ilmiah, atau keagamaan juara 1-3 tingkat Kota atau Kabupaten, Provinsi dan Nasional. Untuk tingkat juara 1-3 tingkat Kota atau Kabupaten akan mendapat potongan dari pembayaran Dana Pembangunan dan Pengembangan (DPP) sebesar Rp. 750.000, untuk tingkat Provinsi akan mendapat potongan sebesar Rp. 1.000.000, untuk tingkat Nasional akan mendapat potongan sebesar Rp. 1.500.000.

Pendaftaran bisa datang langsung ke Front Office UMMI yang dibuka dari Senin – Sabtu mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Atau pendaftaran secara online di www.siak.ummi.ac.id dengan terlebih dahulu membeli pin pendaftaran ke Bank Muamalat Indonesia.