Apel Nusantara Bersatu, Mahasiswa UMMI Dan Warga Kenakan Ikat Kepala Merah Putih
Apel Nusantara Bersatu, Mahasiswa UMMI Dan Warga Kenakan Ikat Kepala Merah Putih

Apel Nusantara Bersatu, Mahasiswa UMMI Dan Warga Kenakan Ikat Kepala Merah Putih

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Kamis, 01 Desember 2016

Rabu (30/11/16), Apel Nusantara Bersatu digelar serentak di seluruh Indonesia. Di Sukabumi, aksi digelar di Lapang Merdeka Sukabumi mulai pukul 07.30 WIB. 

Apel ini bertujuan untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Peserta apel terdiri atas pelajar dari tingkat SMP sampai universitas, tokoh lintas agama, budayawan, pejabat publik, dan lain sebagainya. 

Mahasiswa UMMI sendiri hadir dari berbagai Organisasi Mahasiswa (Ormawa) UMMI. Dalam aksi itu, mahasiswa UMMI, warga dan para peserta aksi turut mengikat pita merah putih di kepala sebagai simbol kecintaan terhadap bangsa Indonesia dan rasa nasionalisme yang tinggi.

Kepala Bagian Kemahasiswaan UMMI, Rizky Zaenudin,S.P yang ikut mendampingi mahasiswa UMMI menuturkan kegitan Apel nasional Nusantara Bersatu mengingatkan kita dalam saling menghargai antar anak bangsa sehingga perpecahan tidak akan terjadi.

“Kegiatan yang mengingatkan kita bahwa Indonesia itu tidak satu suku tapi banyak suku dan agama yang harus saling menghormati satu sama lain. Yang mayoritas siap melindungi minoritas dan yang minoritas siap menghargai mayoritas sehingga perpecahan tidak akan terjadi,”kata Rizky Zaenudin.

Terkait mengikat pita merah putih di kepala, Rizky Zaenudin mengungkapkan sebagai simbol bukti persatuan Indonesia yang dapat dipersatukan walau beda etnis dan agama.

Seusai apel, diadakan rangkaian acara lain seperti orasi tokoh-tokoh, penampilan kebudayaan, serta doa untuk keselamatan negri. Selain di Sukabumi, acara ini juga diadakan serentak di Indonesia.